Sabtu, 03 Mei 2014

NAMA DAN FUNGSI KOMPONEN AC MOBIL

NAMA NAMA DAN FUNGSI KOMPONEN AC MOBIL


KOMPONEN KOMPONEN AC MOBIL TERBAGI MENJADI 2 BAGIAN YAITU 
  1. KOMPONEN MEKANIKAL 
  2. KOMPONEN ELEKRIKAL 
1.KOMPONEN MEKANIKAL :
TATA LETAK KOMPONEN AC MOBIL
Komponen mekanikal ac mobil terdiri dari :
  • Kompresor  / A 
  • Kondensor / B 
  • Filter Drier / C
  • HPS { high pressure switch} / dipasang dipipa antara c dan d
  • Expansion valve / D
  • Evaporator / E
  • Selang dan pipa 
semua komponen diatas dihubungkan dengan selang selang dan pipa yaitu 
    1. Selang ukuran 5/8 '' menghubungkan antara evaporator E dan kompresor A. 
    2. Selang ukuran 1/2 '' menghubungkan antara kompresor A dan kondensor B
    3. Selang ukuran 3/8 '' menghubungkan antara kondensor B dan filter drier  C
    4. Selang ukuran 3/8 '' menghubungkan antara filter drier C dan evaporator E
    2. KOMPONEN ELEKTRIKAL 
    1. Magnetic clucth
    2. Motor fan dan relay 
    3. Molor blower 
    4. wenstand 
    5. switch indax atau saklar speed angin 
    6. Termostat /termistor 
    7. Amplifier ac 
    NAMA - FUNGSI KOMPONEN MEKANIKAL AC MOBIL

    1. KOMPRESOR 

    Fungsi kompresor  :  menghisap gas refrigerant dari evaporator yang bertekanan dan bertemperatur rendah kemudian memampatkan gas tersebut menjadi cairan  yang bertekanan dan bertemperatur yang tinggi. 
    2. KONDENSOR  
     
    Fungsi kondensor :  
    Membuang suhu panas hasil dari pemampatan gas refrigerant yang menjadi tinggi suhu dan tekanannya dari kompresor sehingga merubah refrigerant dari gas menjadi cair

    3. FILTER DRIER
    macam macam dan jenis filter drier
    sering orang menyebut botol / drier yang terkadang orang mengira tabung ini tempatnya freon ( dan ini salah kaprah) filter drier adalah tabung untuk menampung  sementara freon cair sebelum disalurkan ke evaporator ,dan kenapa disebut filter drier ,dikarenakan part ini didalamnya terdapat dua bagian yaitu filter kasa dan silika gel ( penyerap air) dan juga mempunyai fungsi ganda yaitu pertama untuk menyaring kotoran dan partikel halus dalam system dan juga berfungsi untuk menyerap kandungan uap air yang ada dalam freon 

    4.HPS - LPS / HIGH-LOW PRESSURE SWICTH
      fungsi : HPS ; high presssure swicth / mengamankan komponen komponen ac mobil pada saat tekanan ac melampaui batas maximal ( diatas 450 psi ) dengan cara menghentikan aliran setrum yang ke kompresor sehingga kompresor berhenti bekerja .tekanan terlalu tinggi biasanya diakibatkan oleh 
    • fan motor ac mati
    • freon kepenuhan
    • ada komponen yang mampet
    LPS :LOW PRESSUER SWIT / mengamankan dan mencegah rusaknya kompresor saat freon kosong ,pada saat terjadi kebocoran maka tekanan freon akan menurun dan pada tekanan dibawah 25 psi maka lps akan memutuskan aliran setrum ke kompresor ,
    fungsi lps dan hps terdapat dalam satu komponen spare part bernamapressure swicth

    5. EKSPANSI VALVE

    fungsi expansi valve
    mengabutkan freon ke dalam evaporator sehingga mudah menguap dan dinginya terserap dalam kisi kisi evaporator yang nantinya akan ditiup angin blower ke alam kabin ,juga berfungsi untuk mengatur banyaknya jumlah freon yang dialirkan ke dalam evap sesuai dengan yang dibutuhkan ( hal ini tergantung dari beban pendinginan dalam kabin dan ini diatur oleh capilary tube dibagian  ekspansi) 

    6.  EVAPORATOR


    Fungsi evaporator
     Merupakan hasil akhir dari semua proses kerja semua komponen ac mobil ,ditempat ini lah dingin dihasilkan dan diserap oleh kisi kisi evaporator yang kemudian di tiup oleh udara motor blower ke seluruh ruangan kabin . untuk evaporator genuine denso mempunyai tiga macam dan tipe evap yaitu =
    • tipe plate fin - untuk evap universal ( lihat pic )
    • tipe corrugate fin - evap sirip lebar 
    • tipe drop cup - evap sirip rapet 
    Untuk tipe drop cup /sirip rapet mempunyai banyak keunggulan yaitu
    • kontruksi lebih kuat dan kokoh 
    • penyerapan dingin lebih merata sehingga pasti  dingin nya lebih nggigit
    • aliran freon bergerak dari atas ke bawah dan dari kiri kekanan mangikuti alur pipa capiler evap
    • untuk mobil mobil keluaran terbaru diatas th 2000 sudah memakai tipe ini 
    kekurangannya yaitu :
    • harga lebih mahal
    • bila bocor  susah dilas
    7.SELANG SELANG DAN PIPA PIPA 
    Adalah penghubung dan penghantar tekanan freon keseluruh bagian komponen ac mobil ,selang dibuat dari bahan karet syntetis yang dirancang tahan terhadap tekanan /suhu tinggi dan tahan terhadap kandungan kimia dari refrigerant dan pipa ac terbuat dari bahan  : aluminium atau tembaga atau juga ada yang terbuat dari besi 

    NAMA DAN FUNGSI KOMPONEN ELEKTRIKAL 
    1. Magnetic clucth
    2. Motor fan dan relay 
    3. Molor blower 
    4. wenstand 
    5. switch indax atau saklar speed angin 
    6. Termostat /termistor 
    7. Amplifier ac 

    DIKUTIP DARI http://www.servisacmobil.com/2011/12/komponen-komponen-ac-mobil-nama-fungsi.html

    DRYER AC MOBIL

    Apa kegunaan Dryer pada AC?


    fungsi kegunaan ac filter dryer mobil
    Filter Dryer merupakan komponen penting namun sering terlupakan dalam menunjang kesempurnaan kinerja sebuah AC mobil. Filter dryer berfungsi sebagai penyaring kotoran pada saluran Freon AC. Selain berfungsi sebagai penyaring kotoran dan menjaga kebersihan refrigrant (Freon), filter dryer juga berfungsi sebagai penghilang kelembaban dan uap air di dalam saluran Freon AC. Uap air yang tertinggal dan membeku dapat menyebabkan penyumbatan pada saluran Freon sehingga menyebabkan kinerja AC menurun.

    AC Filter Dryer

    Tidak diperlukan perawatan khusus pada Filter dryer, tetapi cukup diganti secara reguler saja, Berdasarkan pengalaman Dryer sebaiknya diganti setiap 1 - 1.5 tahun (20000 - 30000 km) sekali. Saat hendak melakukan Penggantian Filter dryer, Freon harus disedot terlebih dahulu. Penggantian filter dryer direkomendasikan pada saat Anda hendak melakukan servis AC.

    Lokasi filter dryer pada sistem AC mobil-mobil masa kini umumnya persis di samping Kondensor AC, sedang letak Kondensor AC umumnya di depan radiator.

    Sistem sirkulasi AC Mobil

    KOMPONEN AC PADA MOBIL

    MARI MENGENAL KOMPONEN AC PADA MOBIL ANDA

    Pada artikel ini kami mengajak anda untuk mengenali komponen-komponen utama pada AC kendaraan anda. Seperti kata pepatah “tak kenal maka tak sayang”, maka ada baiknya anda mengenali komponen AC pada kendaraan anda, agar anda mengenalnya dan tahu bagaimana cara merawatnya.
    Gambar di bawah ini menunjukan rangkaian komponen-komponen tersebut. Warna merah untuk sisi tekanan tinggi, dan warna biru untuk sisi tekanan rendah.

    image004
    • Compressor 

      Compressor merupakan komponen utama AC yang berfungsi untuk mensirkulasikan refrigerant ke seluruh unit AC dengan cara menaikkan tekanan refrigerant. Fungsi Compressor mirip dengan fungsi jantung pada tubuh manusia dan refrigerant sebagai darahnya. Kompresor memiliki dua saluran, yaitu saluran hisap (suction) dan saluran buang (discharge). Saluran hisap dihubungkan dengan evaporator dan merupakan sisi tekanan rendah, sedangkan saluran buang dihubungkan dengan condensor dan merupakan sisi tekanan tinggi. Refrigeran dalam fase gas pada tekanan dan temperature rendah dihisap oleh compressor melalui saluran hisap kemudian dimampatkan sehingga tekanan dan temperaturnya naik selanjutnya mengalir ke condensor melalui saluran buang. Jika compresor sudah lemah maka udara yang keluar dari AC akan terasa kurang dingin, dan itu akan dapat dilihat dari alat bantu untuk melihat tekanan pada AC (manometer). Adapun compresor yang saat ini beredar di pasaran tanah air terdapat 2 merk ternama yaitu Denso (ND), dan Sanden (SD).CondensorCondensor adalah bagian dari system sirkulasi AC mobil setelah compressor, bagian ini berfungsi untuk mendinginkan freon yang akan dialirkan kedalam evaporator, dan prinsip kerja condensor ini adalah menghisap dingin untuk mengeluarkan panas, maka bagian condensor ini jika disentuh dengan tangan akan teras panas.Pada bagian condensor ini freon yang tadinya berbentuk uap dan ditekan oleh compresor akan berubah menjadi cair. ini disebabkan karena freon mengalami proses kondensasi atau pendinginan.
    • Condensor

    Condenser pada Ac mobil berfungsi untuk mendinginkan atau membuang panas dari refrigerant  atau freon bersuhu dan bertekanan tinggi yang datang dari kompessor ac. Menggunakan cooling fan mesin atau condenser fan untuk merubah freon menjadi cair. Singkatnya kondensor adalah komponen ac mobil yang berfungsi untuk merubah freon dalam bentuk atau wujud gas menjadi bentuk cair atau kondensasi. Refrigerant atau freon dalam wujud gas yang di pompa oleh kompressor ac, masuk lewat inlet (warna merah) dalam kondisi bersuhu dan bertekanan tinggi. Hembusan atau hisapan angin dari fan condensor dan atau cooling fan membuang panas yang di hasilkan serta menurunkan tekanan refrigerant dan terjadi perubahan wujud dari gas menjadi cair. Selanjutnya modulator yang juga terdapat filter drier didalamnya bertugas untuk memastikan bahwa yang keluar dari kondensor adalah refrigerant (freon ) cair, sebelum di kabutkan oleh expansi valve. Jika kemampuan condensor untuk mendinginkan atau membuang panas berkurang menyebabkan tekanan pada siklus refrigerant naik dan menjadi penyebab ac mobil tidak dingin serta membebani mesin dan mengurangi kemampuan ac untuk mendinginkan kabin.
    Penting untuk menjaga kondensor tetap bersih dari debu atau kotoran dan memastikan cooling fan bekerja dengan baik.
    • Receiver Dryer

      Setelah condensor, freon akan melalui tahap penyaringan sekaligus pengeringan dari uap air, untuk tugas ini alat yang berfungsi adalah filter dryer. Filter dryer ini bagian yang cukup penting dalam system sirkulasi pada AC mobil, karena alat ini berfungsi menyaring semua kotoran yang ada pada system, oleh karena itu disarankan untuk mengganti filter dryer pada saat kendaraan anda mencapaijaarak tempuh 20.000 km. Apa yang akan terjadi jika filter dryer tidak diganti pada waktunya? Jika filter dryer sudah usang dan sudah terlalu banyak menampung kotoran, maka alat ini menjadi tidak berfungsi lagi sehingga seluruh sistim sirkulasi akan dipenuhi oleh kotoran, sehingga akan mengakibatkan kerusakan pada compressor.
    • Expansion Valve (katup ekspansi)

      Alat ini berfungsi untuk merubah freon dari bentuk cair menjadi gas, umumnya jarang sekali ditemukan kerusakan pada alat ini, dan apabila terjadi kerusakan sudah dapat dipastikan bahwa ini disebabkan karena Filter Dryer sudah tidak berfungsi lagi alias usang.
      Katup expansi pada umumnya memiliki 2 bentuk, yakni kotak/persegi dan satunya menyerupai bentuk siku. Untuk Expansi yang berbentuk kotak/persegi pada umumnya lebih pendek usia pakainya, ini disebabkan pada bentuk ini tidak terdapat sensor sehingga jumlah Freon yang masuk kedalam evaporator tidak terkontrol.
      Untuk Expansi yang berbentu siku pada umumnya memiliki usia pakai lebih panjang jika tidak tersumbat kotoran, itu disebabkan karena pada Expansi jenis ini memiliki sensor pada bagian belakang untuk mengatur jumlah banyaknya freon yang akan masuk ke Evaporator, sehingga dapat mencegah terjadinya pembekuan.
    • Evaporator

      Evaporator adalah bagian pada Ac mobil yang berfungsi untuk mengeluarkan hawa sejuk ke dalam kabin mobil. Prinsip kerja evaporator adalah menyerap hawa panas untuk mengeluarkan hawa dingin, atau kebalikan dari fungsi condenser. Jumlah panas yang diserap oleh evaporator harus sama dengan jumlah hawa dingin yang diserap oleg condenser. Jika tidak terjadi keseimbangan itu maka system AC mobil anda akan terasa kurang maksimal. Pada umumnya evaporator dibersihkan dalam jangka waktu 1 tahun atau 20.000 km dan disertai dengan penggantian Filter Dryer.

    Apa yang terjadi jika evaporator tidak dibersihkan pada waktunya?

    Berikut ini adalah gejala akibat evaporator yang tidak terawat dengan baik :
    1. Hembusan angin dari AC ke dalam kabin akan terasa kecil
    2. Tercium bau yang kurang sedap saat pertama kali AC dihidupkan.
    3. Terjadinya pembekuan pada evaporator
    4. Selang-selang pada evaporator mengalami kekeroposan.
    dikutip dari : http://www.bramservice.com/mari-mengenal-komponen-ac-pada-kendaraan-anda.htm