Minggu, 04 Mei 2014

PTC Relay

PTC Relay

Tahukah anda jika relay PTC (positive temperature coefficient) yang diaplikasikan pada hampir sebagian besar kulkas masa kini ternyata memiliki fungsi ganda, benda yang umumnya berbentuk kotak hitam dan kecil ini yang dalam keadaan dingin berfungsi sebagai penghubung antara pin R (run) dengan S (strart) ketika kompresor memulai beroperasi (starting) akan berubah fungsi sebagai kapasitor ketika telah menjadi panas sesaat setelah kompresor bekerja, nilai nya berada pada kisaran 8 sampai 12 mikro farrad, akibatnya jika sebuah kompresor menggunakan relay ini konsumsi listrik yang digunakan menjadi lebih rendah mirip jika kompresor tersebut menggunakan kapasitor running.

Meskipun memiliki kelemahan dibanding relay biasa (mekanis) karena memerlukan waktu beberapa saat ketika harus restart tetapi pada kenyataannya relay ptc lebih aman bagi kompressor apalagi jika digabungkan dengan overload 4TM bikinanKlixon® yang memang dirancang untuk digunakan dengan relay ini, kenapa lebih aman ?.... karena setelah kompresor bekerja mensirkulasikan refrigerant atau freon tekanan freon dalam system pendingin ini belum merata dan tekanan freon tertinggi berada pada kondensor sehingga pada saat ini kompressor akan sulit restart dikarenakan tekanan yang masih tinggi didalam kondensor tadi yang merupakan jalur pertama freon bersirkulasi, sehingga memerlukan waktu agar tekananya merata dahulu kurang lebih selama 3 sampai 5 menit, waktu yang cukup supaya PTC relay nya menjadi dingin dan kompressor pun siap beroperasi kembali.

23 comments :

  1. Mau tanya mas. Saya baru saja ganti relay kulkas yang seperti gambar di bagian kanan. Tapi setelah itu fuse putus dalam hitungan 2 detik setelah kulkas saya hidupkan. Saya cek ternyata relay (gambar kanan) itu sangat panas sekali. Kira2 apa penyebabnya? Saya sudah cek kabel2 dan tidak menemukan korsleting. Mohon pencerahan.
    Reply
  2. Mungkin yang dimaksud di atas yang diganti dan mengalami panas adalah overload switch.
    Reply
  3. Mas Anonim yth ...Banyak kemungkinan yg bisa menjadi penyebab kulkas anda mengalami hal demikian, jawaban yg akan saya berikan merupakan jawaban yg paling sering saya alami dilapangan ....

    Saya harap anda telah mengganti relay nya dengan jenis yg sama, artinya jika sebelumnya konektor kabel pada relay lama berada pada sebelah kiri maka konektor pengganti pun harus berada di sebelah kiri juga dan karena pemasangan kembali Relay dan Overload nya pada kebanyakan jenis kompresor tidak mungkin keliru saya pun berharap kalau tegangan listrik ditempat anda tidak lebih kurang dari 200V serta stekernya ( colokan ) tidak longgar.
    Jika semua yg anda kerjakan benar tetapi kompresor tetap tidak mau beroperasi dan terus menerus fuse / overload nya terputus kemungkinan kompresor nya macet atau kumparannya bermasalah.
    oh ya sedikit info buat anda kalau relay PTC ini akan panas setelah teraliri listrik dan tidak akan membuat kompresor starting / mulai beroperasi jika setelah starting pertama gagal, anda harus membiarkannya berada pada suhu normal dulu ( sekitar 3-5 menit ) baru setelah itu direstart ulang.
    semoga keterangan yg sedikit ini bermanfaat buat anda.
    Reply
  4. pak, mau tanya kisaran harga PTC relay (merk Sanyo 2 pintu) kira2 kisaran harga berapa ya pak? trims
    Reply
    Replies
    1. Harga ptc relay di pasaran (diluar harga resmi service centre) adalah kira2 Rp.20.000.00.
  5. Mau nanya mas, pipa kapiler pada kulkas bila mampet harus diganti kah? atau ada cara lain? kalau diganti bagaimana caranya karna posisinya ada di dalam badan kulkas, makasih sebelumnya...
    Reply
    Replies
    1. Sebaik-baiknya pengerjaan adalah dengan cara diganti namun apabila sulit bisa dengan cara flushing.
  6. Mau nanya nich.berapa ya nilai capasitor untuk lemari es
    Reply
    Replies
    1. Nilai atau harga kapasitor tergantung dari kapasitasnya, untuk yang standar kulkas 1 pintu sekira Rp.40 ribuan.
  7. mau tanya berpa harga relay lg & capasitor lg untuk 1 pintu
    Reply
    Replies
    1. Pak Alex, harga kedua komponen tersebut diluar harga resmi (service centre) kira-kira Rp.70.000.00.
  8. aq mau tanya pak..kulkas saya merk sanyo satu pintu,,,setiap hari bunyi cetok,,,cetok,,,setiap 15 menit...apanya ya makasih,,,,
    Reply
    Replies
    1. informasi yang anda sertakan minim, apakah suara tersebut berasal dari kompresor dan apakah kulkasnya tetap dingin ?
      kemungkinan suara tersebut berasal dari overload protector.
  9. mau tanya pak, kalo bisa dibantu saya punya kompresor kulkas samsung tipe SD152H-L1U. (kt temen bekas kulkas 2 pintu). kalau tidak keberatan tolong saya dikasih tau pak kisaran harga kapasitornya beserta ukuran kapasitor serta pemasangannya. Terima Kasih.
    Reply
    Replies
    1. Dear Sobat Blogger yth, dikarenakan fasilitas yang terbatas di kolom komentar ini maka saya akan menjawab pertanyaan anda pada sebuah post khusus dengan judul :
      "Diagram pemasangan relay kompresor Samsung"
      Semoga bermanfaat.
    2. Terima Kasih banyak bang Rudi. Semoga Allah membalas kebaikan bang Rudi sekeluarga. AMIN>
    3. Saya haturkan terima kasih juga pak, feedback anda sangat berarti.
  10. mas mau tanya kulkas saya abis kebentur kompresor nya
    dan gak bisa nyala sama sekali
    pas colokin ke stopkontak cuman bergetar sedikit setelah itu mati lagi

    apakah kompresos tabung itu rusak kebentur atau gmna ?
    dan cara fix nya gmn mas

    terima kasih
    Reply
    Replies
    1. Dear Dedy Kurnianto
      Benturan terlampau keras memang bisa membuat kompresor kulkas tidak bisa hidup kembali, penyebab yang biasa terjadi jika kulkas sudah berusia pakai cukup lama yaitu terkelupasnya lapisan mika film sebagai isolator kawat gulungan di motornya atau lapisan email pada kawat nya itu sendiri yang membuat gulungan tersebut konslet, terkadang jika hal ini terjadi tidak bisa terdeteksi dengan jelas oleh avometer namun kompresor susah start lalu akhirnya overload mati dan kompresor harus diganti.
  11. pak,klo kompresor setelah running,sy cek arus nya 0,2-0,7 A,tp selang kemudian naik jd 1,3 A..kira2 kenapa ya pak?trmksh
    Reply
    Replies
    1. Dear pak Fahrul
      keterangan anda kurang lengkap, apakah kompresor pernah diperbaiki atau perbaikan lainnya.
      Arus terukur selalu berubah-ubah dari sebuah kompresor yang belum pernah ada perbaikan biasanya disebabkan oleh adanya kerusakan mekanis atau tegangan listrik yang tidak stabil.
  12. maaf pak saya mau tanya
    saya punya kulkas sharp crystal, kapasitornya mati
    kalau boleh tanya ukuran kapasitas dari kapasitornya berapa..?
    Reply
    Replies
    1. Dear pak Supri yth
      Nilai kapasitor Running atau Starting itu berdasarkan kapasitas kompresor atau tipe kulkas nya, yang saya tau kulkas Sharp 1 pintu biasanya sudah tidak pakai kapasitor lagi dan hanya sebagian kecil pada ukuran sedang (2 pintu) dan Freezer, saya kasih ukuran kapasitas capasitor rata2 untuk running adalah 8mf sampai 12mf lalu untuk starting 30mf sampai 80mf

  13. dikutip dari http://bengkelmania.blogspot.com/2009/08/tahukah-anda-jika-relay-ptc-positive.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar