Kamis, 19 Desember 2013

Cara mengisi freon kulkas

cara mengisi refrigerant kulkas/refrigrator

Dalam hal pengisian refrigrant atau dalam ba,hasa bengkelnya freon kulkas tidaklah sama dengan pengisian freon ac.dalam pengisian freon kulkas ini di perklukan ketelitian dan kehati hatian yang lebih.mengapa diperlukan ketelitian dan ke hati hatian yang lebih??
Karena pada sistem kulkas itu terdapat pipa kapiler yang lebih kecil ukurannya dari pada pipa kapiler ac.bila salah dalam pengisian freon kulkas dapat mengakibatkan  kebuntuan freon / mampet pada pipa kulkas.
di sini saya akan menjelaskan cara pengisian freon pada kulkas yang sesuai prosedur yang biasa di lakukan tukang service kulkas.
Alat alat yang perlu di persiapkan;
1.siapkan freon R 134a atau R12sesuai dengan aslinya.
2.manifold gauge
3.pompa vakum
4.methyl [cairan pembersih kulkas]
5.alat las /hi cook tabung
6.filter dan pentil
7.tang ampere
setelah peralatan yang di butuh kan siap semua,lanjutkan dengan prakteknya.
langkah pertama yang hrus dilakukan adaalah buang semua sisa freon yang ada pada sistem kulkas yng aka di isis freon,selanjutnya pasang pentil sebagai jalan  masuknya freon,kenapa mesti di pasangin pentil??  karena pada kulkas tidak ada pentil buat isi freon.beda sama ac yang memang dari pabriknya di lengkapi pentil.
setelah itu jangan lupa ganti juga filternya,mungkin sudah kotor yang dapat menyebabkan kebuntuan freon/mampet.mumpung masih bermain api alias las, sekalian aja sambungan pipa pipa di tebelin las lasannya biar ga bocor.
langkah sdelanjutnya adalah proses pemakuman, caranya adalah pasangkan salah satu selang manifold ke pentil yang ada di kompresor tadi,kemudian pasangkan selang yang satu lagi ke pompa vakum,lanjutkan nayalakan pompa vakum."kenapa harus di vakum dulu sebelum diisi freon??'' dimaksudkan untuk mendapatkan pendinginan yang sempurna karena tidak ada  udara yang terjebak di dalam sistem,dan bila tidak di vakum maka kulkas tidak akan mencapai dingin yag maksimal atau bahkan tidak dingin dan kompresor mudah panas.
setelah selesai proses vakum sekitar 30 menit atau pada manifol menunjuk di bawah 0 psi/ -30 psi berarti kulkas sudah siap diisi freon.tutup kran manifold,lalu pindahkan selang yang ada di vakum ke tabung freon.
perlu diperhatikan dalam pengisian freon kulkas''janganlah terlalu full dalam membuka jran manifold,bukalah pelan-pelan dan sedikit demi sedikit *buka tutup kran* jangan melebihi batas dari 10 psi.
sebelum freon di masukkan terlebih dulu metil di masukkan ke unit sistem agar tidak terjadi mampet freon..
pada saat pengisian freon sambil periksa body kulkas rasakan kehangatannya pada sisi kulkas,bila sisi kulkas terlalu panas jangan di lanjutkan pengisian [stop] itu menandakan bahwa sirkulasi freon tidak berjalan normal,periksa kembali pipa kapiler dan filter,dan bila sisi kulkas terasa hangat maka boleh di lanjutkan pengisian freonnya.itu menandakan bahwa sirkulasi freon yang ada pada sistem berjalan dengan lancar.
pasang tang ampere pada kabel power/kabel kompresor, dan liat besarnya ampere.besarnya ampere tergantung dari besar kecilnya kulkas. biasanya  sekitar 0,5 sampai0,9 ampere.lihat saja di plat wiring belakang kulkas.
bila tekanan freon sudah mencapai 10 psi manifold gauge, tutup kran manifold dan matikan kulkas.kemudian periksa pada meter mannifold,apabila jarum naik sampai angka 50psi  sampai 100psi bila jarum tidak bergerak sama sekali ,berarti sirkulasi freon mengalami kebuntuan/mampet,langkah yang harus dilakukan adalah buang freon semua bila perlu ganti filer dengan yang baru dan lakukan proses seperti tersebut diatas dari awal.
apabila jarum menunjukkan angka 50psi sampai100psi kemudian nyalakan kembali setelah 10 menit..
emang pengerjaan kulkas di butuhkan ketelitian dan kesabaran yang tinggi.. sambil menunggu proses pengisian selesai bisa nyruput kopi dulu, yang sudah di siapin oleh tuan rumah,klo ga di ksih ya jangan maksa hehehehee
keterangan:
1.pompa vacum
2.clamp meter/ tang ampere
3.manifold gauge
4.refrigerant r 134a/freon
5.methyl/ thawsone
6.gas lpg/ hi-cook
7.oksigen untuk las


untuk no 7,bila tidak punya bisa pakai las type lain ---->>



dikutip dari  http://perawatan-ac.blogspot.com/2010/07/cara-mengisi-freon-kulkas.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar